Sistem Komputer
Share this article on :

Visi

“Pada Tahun 2035 Menjadi Program Studi Sistem Komputer yang Unggul dalam Pelaksanaan Tri Dharma serta Penguatan pada Entrepreneurial University dengan Menjunjung Tinggi Nilai-Nilai Islam dan Kearifan Lokal yang Berstandar Internasional

 

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran dalam rangka pengembangan potensi mahasiswa berbasis pada perkembangan IPTEK dan entrepreneurial capacity yang berkeunggulan di tingkat internasional.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang berkontribusi pada perkembangan IPTEK dan entrepreneurial capacity yang berkeunggulan.
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat yang berkontribusi pada perkembangan IPTEK dan entrepreneurial capasity yang berkeunggulan.
  4. Menyelenggarakan kerjasama dengan berbagai pihak di bidang perkembangan IPTEK dan entrepreneurial capacity yang berkeunggulan.
  5. Menyelenggarakan tatakelola kelembagaan yang berkontribusi pada perkembangan IPTEK dan entrepreneurial capasity yang berkeunggulan.

 

Tujuan

  1. Menghasilkan sivitas akademika yang kompeten dalam aspek kepribadian, IPTEK, dan entrepreneurial capacity yang berkeunggulan di tingkat internasional.
  2. Menghasilkan produk penelitian yang berkontribusi pada perkembangan IPTEK dan entrepreneurial capasity yang berkeunggulan.
  3. Menghasilkan produk pengabdian masyarakat yang berkontribusi pada perkembangan IPTEK dan entrepreneurial capasity yang berkeunggulan.
  4. Menghasilkan kerjasama dengan berbagai pihak di bidang IPTEK dan entrepreneurial capacity yang berkeunggulan.
  5. Menghasilkan tata kelola kelembagaan yang berkontribusi pada perkembangan IPTEK dan entrepreneurial capacity.

 

Sasaran dan Strategi Pencapaiannya

Sasaran dan strategi pencapaian yang akan dicapai dirumuskan berdasar visi, misi, tujuan, dan capaian kinerja yang diraih oleh Prodi Sistem Komputer FTI Unisba selama lima tahun terakhir. Capaian kinerja Prodi Sistem Komputer FTI Unisba selama lima tahun terakhir sesuai dengan bidang sasaran dapat diidentifikasi sebagai berikut.

Sasaran di Bidang Pendidikan dan Pengajaran

  1. Memiliki sumber calon mahasiswa yang tersebar di berbagai SMA/MA/SMK di Kota/Kab. Blitar dan sekitarnya (Tulungagung, Kediri, Malang, dsb).
  2. Memiliki kurikulum yang secara rutin direvisi sesuai dengan perkembangan Iptek dan telah disinkronisasi dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), serta dalam proses revisi tersebut telah melibatkan berbagai komponen pemangku kepentingan.
  3. Memiliki kurikulum yang dilengkapi dengan profil lulusan, kompetensi lulusan, dan peta kurikulum.
  4. Memiliki seperangkat SOP dalam proses penyusunan tugas akhir (skrispsi) untuk menjamin kualitas skripsi dan SOP validasi karya ilmiah untuk mengantisipasi terjadinya plagiarisme sehingga karya ilmiah itu layak dipublikasikan.
  5. Memiliki hubungan yang baik dengan organisasi alumni dan secara rutin dilibatkan dalam mendukung pengembangan dan peningkatan proses pembelajaran agar semakin berkualitas.
  6. Melaksanakan monitoring lulusan melalui studi pelacakan (tracer study) secara rutin.
  7. Memiliki lulusan dengan rata-rata IPK sebesar 3,00 dan masa studi tepat waktu sebesar > 60 persen.
  8. Menghasilkan lulusan yang memiliki kesesuaian kompetensi dengan kebutuhan dunia kerja sebesar > 60 persen.
  9. Menghasilkan lulusan dengan waktu tunggu memperoleh pekerjaan pertama rata-rata selama < 6 bulan.
  10. Memiliki dosen dengan kualifikasi pendidikan minimal S2 sesuai dengan bidang ilmu sebesar 85 persen.
  11. Meningkatkan dosen yang memiliki jabatan fungsional akademik dan tersertifikasi.

 

Sasaran Bidang Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

  1. Menghasilkan karya ilmiah yang telah dipublikasikan mulai di jurnal nasional (p-ISSN dan e-ISSN) sebesar > 10 per tahun.
  2. Mendapatkan dana hibah penelitian dan pengabdian masyarakat yang bersumber dari eksternal Universitas.
  3. Menghasilkan penelitian dan pengabdian masyarakat dengan bekerjasama dengan pihak luar (pemerintah setempat).
  4. Menghasilkan penelitian dan pengabdian masyarakat dengan melibatkan mahasiswa rata-rata 25 sampai 60 persen per tahun.

 

Sasaran Bidang Tata Pamong

  1. Memiliki tata pamong yang kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab, dan adil dalam menyelenggarakan proses pembelajaran di perguruan tinggi serta kepemimpinan Prodi yang telah memperoleh pengakuan publik.
  2. Memiliki struktur organisasi yang jelas dilengkapi dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) yang jelas dan terukur.
  3. Memiliki Tim Pelaksana Penjaminan Mutu (TPPM) yang berada di bawah koordinasi Unit Penjaminan Mutu Fakultas (UPMF), dilengkapi berbagai SOP sehingga menjamin proses pembelajaran yang berkualitas disertai monitoring dan evaluasi yang berkesinambungan.
  4. Pengelolaan Program Studi dalam mengimplementasikan fungsi-fungsi manajemen mulai perencanaan sampai pengawasan disertai mekanisme umpan balik proses pembelajaran yang ditindaklanjuti sesuai dengan kapasitas dan kewenangan yang ada pada tingkat Program Studi.
  5. Memiliki dosen dengan beban kerja yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan terdistribusi secara berimbang dalam ketiga bidang tri dharma perguruan tinggi.
  6. Secara berkala melaksanakan berbagai pelatihan bagi dosen untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi di bidang tridharma perguruan tinggi.

 

Bidang Sarana dan Prasarana

  1. Memiliki sarana dan prasarana yang memadai berbasis teknologi informasi untuk mendukung penyelenggaraan pembelajaran yang berkualitas.
  2. Memiliki perpustakaan yang koleksi bukunya sangat memadai untuk mendukung penyelenggaraan pembelajaran yang berkualitas.
  3. Memiliki labaoratorium komputer/robotik, laboratorium bahasa multimedia yang sangat memadai untuk memfasilitasi dosen/mahasiswa dalam penyelenggaraan pembelajaran sehingga dapat bekerja secara lebih efektif.
  4. Memiliki jurnal cetak ber-ISSN (Jurnal Antivirus) dan jurnal elektronik (E-Jurnal Antivirus) yang bisa diakses di http://unisbablitar.ejournal.web.id/index.php/antivirus, untuk menampung hasil karya ilmiah dosen.

 

Bidang Kerjasama

  1. Memiliki jalinan kerja sama dengan berbagai institusi, baik pemerintah maupun swasta yang mendukung terselenggaranya proses pembelajaran yang semakin berkualitas.
  2. Memiliki jalinan kerja sama dengan pihak Pemerintah Daerah (kabupaten/kota) Blitar dalam bidang penelitian untuk dasar perumusan kebijakan publik.

 

Berdasar berbagai capaian di atas, dan juga penjabaran dari misi dan tujuan Program Studi Sistem Komputer, maka strategi Prodi Sistem Komputer FTI Unisba sampai tahun 2037 dikelompokkan menjadi strategi jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Ketiga strategi tersebut diuraikan sebagai berikut.

Jangka Pendek (1-2 tahun):

  1. Mempersiapkan tenaga pengajar yang profesional dalam rumpun keilmuannya.
  2. Memberikan pelayanan prima bagi dosen maupun mahasiswa dalam kegiatan perkuliahan dan penyelenggaraan kegiatan pendukung perkuliahan.
  3. Menciptakan suasana akademik yang kondusif dengan mengoptimalkan lingkungan, fasilitas dan media yang dimiliki untuk dimanfaatkan dalam kegiatan belajar.
  4. Memberikan perkuliahan dengan muatan kurikulum KKNI dan bahasa pengantar nasional maupun internasional, agar mahasiswa terlatih dalam penggunaan bahasa asing.
  5. Membudayakan menulis dan publikasi ilmiah baik bagi dosen maupun mahasiswa.

 

Jangka Menengah ( 3-5 Tahun)

  1. Meningkatkan MoU dengan sekolah-sekolah mitra
  2. Meningkatkan jumlah dosen yang memperoleh hibah penelitian, penulisan buku ajar, dan pengabdian masyarakat.
  3. Meningkatkan jumlah karya ilmiah dosen dan mahasiswa yang dipublikasi dalam jurnal ber-ISSN tingkat nasional sebesar > 60 persen per tahun.
  4. Membangun komunitas belajar ilmiah (study club) bagi mahasiswa untuk menginterpretasikan pengembangan karya-karya inovatif baik dalam keilmuan  Sistem Komputer.
  5. Meningkatkan jumlah kerjasama dengan intansi terkait dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran, sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat luas.
  6. Meningkatkan jumlah dan tingkat jabatan akademik dosen.
  7. Meningkatkan jumlah mahasiswa yang terlibat dalam penelitian dosen.
  8. Mengirimlah mahasiswa untuk mengembangkan potensi dirinya dengan berpartisipasi dalam setiap ajang kompetisi ilmiah baik regional, nasional maupun internasional.
  9. Mengirim dosen untuk studi lebih lanjut (S3) dalam maupun luar negeri.
  10. Mempersiapkan sertifikasi dosen.
  11. Melaksanakan kurikumlum berbasis KKNI.

 

Jangka Panjang ( 10-15 Tahun)

  1. Melakukan Nota kesepahaman (MoU) dengan lembaga pendidikan tingkat internasional.
  2. Mengirim dosen dan mahasiswa mengikuti short course ke luar negeri
  3. Publikasi karya ilmiah dosen dan mahasiswa dalam jurnal ber-ISSN tingkat internasional.

 

Indikator pencapaian Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran Program Studi Sistem Komputer dalam bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat sebagai berikut.

Indikator Bidang Pendidikan dan Pengajaran

  1. Meningkatnya kuantitas dan kualitas input mahasiswa.
  2. Tersusunnya kurikulum berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) di seluruh Program Studi.
  3. Terwujudnya proses pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (ICT)
  4. Memperoleh status akreditasi B
  5. Terwujudnya suasana akademis yang kondusif dan baik dalam mendukung proses pembelajaran.
  6. Sekurang-kurangnya 60% lulusan menjadi pelaku usaha mandiri, selebihnya menjadi intrapreneur.
  7. Terbentuknya aktivitas bisnis inkubator bekerjasama dengan wirausahawan di wilayah Blitar dan sekitarnya.
  8. Terfasilitasinya kegiatan aktualisasi diri mahasiswa dalam mengembangkan soft skill, harskill, dan KKNI.
  9. Terwujudnya kegiatan pembekalan dan peningkatan kualitas lulusan.

 

Indikator Bidang Penelitian

  1. Dihasilkannya  tema-tema  penelitian  yang  aktual  dan  strategis,  yang  menjadi pedoman kegiatan penelitian bagi dosen dan mahasiswa.
  2. Dihasilkannya penelitian dengan menitik beratkan teknologi tepat guna.
  3. Dihasilkannya jumlah penelitian  yang meningkat dan berkualitas yang menjadi rujukan pada taraf nasional.
  4. Terpublikasikannya  hasil-hasil  penelitian  dalam  berbagai  jurnal baik lokal, maupun nasional.

 

Indikator Bidang Pengabdian Masyarakat

  1. Meningkatnya kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan untuk membangun dan memberdayakan masyarakat yang mendukung terbentuknya usaha mandiri sesuai dengan bidang keilmuan masing-masing.
  2. Meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap Program Studi Sistem Komputer Universitas Islam Balitar dalam rangka memenuhi kebutuhan dan menjawab persoalan yang sedang dihadapi oleh masyarakat.

 

 

P2MB Kampus Universitas Islam Balitar
Kampus 1 : Jln. Majapahit 2-4 Blitar - Jawa Timur 66131
Tlpn/ Fax (0342) 813145 Hp. 085785510433
Kampus 2 : Jln. Tanjung No. 224 Blitar - Jawa Timur